Tuesday, June 23, 2015

Persiapan Sidang (2): Slide yang Baik

Beberapa hal yang mungkin bisa dijadikan pertimbangan untuk membuat slide presentasi skripsi yang baik:

1. Utamakan background (BG) berwarna cerah dan tulisan berwarna gelap.

Jika dibalik, BG gelap dan tulisan terang, bisa mengakibatkan suasana tegang (secara psikologi, mayoritas warna gelap mencerminkan dan menularkan kejiwaan yang juga gelap/mendung, sebaliknya, melihat warna cerah lebih bisa menimbulkan rasa rileks dan ceria).

2. Hindari sama sekali perpaduan warna tulisan dan BG yang kurang kontras, yang menyebabkan tulisan sulit terbaca. Misalnya BG biru muda dan tulisan putih, atau BG kuning muda dan tulisan putih.

3. Hindari latar belakang yang terdiri dari foto pemandangan atau sejenisnya, karena BG yang seperti ini sangat rentan menampilkan banyak warna sehingga akan ada bagian-bagian di mana tulisan tidak jelas terbaca.

Misalnya, menggunakan foto pemandangan laut. Pada bagian lautnya yang berwarna biru tua, mungkin masih cocok menggunakan warna tulisan warna putih, namun jika ada bagian foto yang menampilkan awan, tentu tulisan warna putih ini akan jadi sewarna dengan awan, sehingga sulit terlihat.

4. Hindari menampilkan pernak-pernik gambar hiasan secara berlebihan. Kalaupun ada, pastikan pernak-pernik atau hiasan itu benar-benar diperlukan untuk memperkuat presentasi dan berhubungan erat dengan apa yang akan disampaikan. Karena ini adalah presentasi dengan tujuan ilmiah dan bukan untuk hal-hal yang bersifat hiburan, promosi atau bisnis.

Pernak-pernik yang tidak relevan justru bisa membuat yang menyaksikan tidak fokus pada inti yang ingin disampaikan presenter.

5. Hindari tampilan slide yang dipenuhi kalimat, cukup pakai kata-kata kunci saja.

Ingat bahwa menggunakan slide itu adalah untuk mengefisiensikan presentasi. Slide bukan tempat memindahkan isi makalah semacam copy-paste.

Kalaupun ada kalimat, usahakan sependek-pendeknya. Idealnya kira-kira, satu slide tak lebih dari 8 baris.

6. Jumlah slide yang logis untuk presentasi skripsi (biasanya durasi 7-10 menit) adalah sekitar 7-12 slide saja.

7. Adalah sangat baik jika sebelum tiba waktu presentasi, "gladi resik" dulu menggunakan LCD yang akan digunakan saat presentasi. Hal ini untuk memastikan tidak ada masalah teknis yang bisa jadi kendala nantinya. Hal yang perlu dicek:

a. Apakah warna yang ditampilkan di layar, sama dengan yang diinginkan (desain di komputer)?
b. Apakah kabel konektor kompetibel dengan komputer yang akan digunakan?

8. Siapkan file presentasi dalam USB, antisipasi terjadi suatu masalah, agar bisa segera menggunakan komputer lain jika diperlukan.

9. Kirim file presentasi yang sudah jadi ke email, bisa email pribadi, agar menjadi "arsip" yang bisa diakses kapanpun dan di manapun selama ada koneksi internet.

No comments:

Post a Comment