Friday, June 12, 2015

ABSTRAK (2) Contoh 1

Berikut contoh abstrak:

ABSTRAK



(Nama Penulis)
(Judul Skripsi)

(Paragraf Ke-1:)
Jumlah umat Islam meningkat sangat pesat pada abad ke-21 ini. Sebagai umat terbaik pewaris risalah Islam yang sempurna, seharusnya dengan jumlah yang besar ini umat Islam dapat memimpin dunia. Namun, sebaliknya, umat Islam kini masih menjadi obyek yang dikendalikan pihak luar. Umat masih dihadapkan pada berbagai masalah sosial yang tidak hanya disebabkan oleh faktor eksternal tapi juga oleh faktor internal.
(di atas adalah Latar Belakang Penelitian)

(Paragraf Ke-2:)
Munculnya masalah sosial umumnya karena nilai amanah dan adil tidak ditegakkan dengan baik. Karenanya, agar dapat merumuskan solusi, perlu dilakukan kajian atas konsep Islam terhadap urgensi dan implementasi kedua nilai tersebut. Penerapannya dapat dilihat dalam hubungan majikan dan pembantu rumah tangga, sebagai bentuk hubungan yang sangat dekat dan nyata eksistensinya di tengah masyarakat.
(di atas adalah Tema Penelitian)

(Paragraf Ke-3:)
Metode yang digunakan dalam proses kajian adalah metode kualitatif yang dikombinasikan dengan metode kuantitatif. Metode kualitatif dengan kajian kepustakaan, sedangkan metode kualitatif dengan wawancara langsung kepada beberapa pihak terkait serta merujuk pada beberapa data hasil penelitian lapangan.  
(di atas adalah  Metode Penelitian)

(Paragraf Ke-4:)
Hasil kajian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif dan signifikan antara penegakan nilai amanah dan adil yang berlandaskan Q.S. An Nisaa’: 58 dengan pembinaan hubungan yang baik antara majikan dan pembantu rumah tangga. Hubungan tersebut dapat dirumuskan dalam empat pola, yaitu pola hubungan sederajat karena asal manusia yang sama, pola hubungan berbeda derajat karena perbedaan tingkat ilmu dan takwa, pola hubungan berbeda derajat karena perbedaan kedudukan, dan pola hubungan yang bersifat kekerabatan.
(di atas adalah Hasil Penelitian)

(Paragraf Ke-5:)

Terbinanya keempat pola hubungan tersebut dengan landasan nilai amanah dan adil, akan dapat menjadi alternatif solusi atas permasalahan sosial umat Islam. Hal ini dapat menjadi sumber kekuatan baru bagi umat, sebagaimana tercermin dalam kehidupan para sahabat, tâbiîn, dan salafus saleh. 
(di atas adalah Hasil Penelitian)

No comments:

Post a Comment