Saturday, June 13, 2015

ABSTRAK (3) Contoh (2)

Berikut contoh lain Abstrak:

ABSTRAK
(Nama Penulis)
(Judul Skripsi)
Kemiskinan merupakan fenomena di kota maupun desa. Banyak hal yang mempengaruhi fenomena kemiskinan tersebut. Di antaranya adalah etos kerja dan keterampilan yang dimiliki seseorang. Penyebab utama dari kemiskinan ini adalah kurangnya perhatian orangtua dalam mempersiapkan bekal duniawi atau harta warisan untuk anak-anaknya sehingga dapat membantu kesejahteraan kehidupan mereka.
Tulisan ini mengelaborasi perhatian Islam terhadap kewajiban orang tua akan kesejahteraan anak, melalui kajian terhadap surat an-Nisa’ ayat 9. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif atau kajian studi kepustakaan yaitu dengan mengumpulkan buku-buku atau kitab-kitab yang berkaitan langsung dengan tema meliputi kitab tafsir, hadis, pembahasan ulama dan para ahli terkait.
Kajian ini mengantarkan pada simpulan bahwa makna lemah yang terkandung dalam surat an-Nisaa’ ayat 9 tersebut adalah lemah dari sisi ekonomi, sehingga menjadi kewajiban orang tua untuk menjamin kesejahteraan anak-anak mereka. Melalui konsep warisan, Islam memberikan keadilan dalam pembagian untuk menjamin hak-hak yang seharusnya diperoleh oleh kaum lemah termasuk anak-anak. Warisan harta memiliki urgensi dalam membantu kesejahteraa anak yang ditinggal tersebut. Di antaranya untuk memenuhi kebutuhan hidup, sebagai bekal menuntut ilmu, terhindar tindak kriminal, bekal ibadah dan perjuangan. Maka, anak-anak yang ditinggalkan orangtuanya yang sudah tercukupi kesejahteraannya, diharapkan akan tumbuh menjadi generasi penerus rabbani yang dapat menjadi sumber kekuatan bangsa.

No comments:

Post a Comment