Tuesday, June 9, 2015

Contoh Rumusan Masalah dan Kesimpulan (2)

Berikut contoh lain, rumusan masalah dan kesimpulan:

Rumusan Masalah: 


a.         Apakah penegakan nilai-nilai amanah dan keadilan dalam muamalah sosial, dapat meminimalkan persoalan sosial, khususnya dalam hubungan majikan dan pembantu rumah tangga?     
b.        Bagaimana kedudukan pembantu rumah tangga dalam Islam? Bagaimana gambaran mereka di zaman kenabian dan para ulama salaf?  
c.         Apakah tingkat pemahaman majikan dan pembantu rumah tangga terhadap konsep amanah dan adil, berpengaruh positif dalam hubungan keduanya? 

d.        Apakah penerapan konsep nilai amanah dan adil dapat meningkatkan atau mengangkat harkat diri pembantu rumah tangga?

Kesimpulan:


1.        Penegakan nilai-nilai amanah dan adil dalam Q.S. An Nisaa’: 58 dapat meminimalkan persoalan sosial dalam hubungan majikan dan pembantu rumah tangga.
2.        Kedudukan pembantu rumah tangga dalam Islam adalah setara dengan profesi lainnya bahkan bisa menjadi sangat mulia, hal ini tergambar dalam bentuk hubungan antara majikan dan mereka pada zaman kenabian dan zaman para ulama salaf.
3.        Tingkat pemahaman majikan terhadap konsep amanah dan adil akan sangat berpengaruh terhadap baiknya dan positifnya hubungan majikan dan pembantu rumah tangga, karena masing-masing dapat menegakkan kedua pilar tersebut.
4.        Penerapan konsep amanah dan adil dapat meningkatkan atau mengangkat harkat diri pembantu rumah tangga, sebagaimana telah terbukti pada generasi sahabat, tâbi’în, dan ulama salaf. 

No comments:

Post a Comment