Thursday, June 4, 2015

Kesimpulan dan Rumusan Masalah

Kesimpulan adalah jawaban dari masalah yang dirumuskan dalam bentuk kalimat tanya di rumusan masalah.

Karenanya, poin-poin di kesimpulan jumlahnya sama dan bersesuaian dengan poin-poin di rumusan masalah.

Jika ada lima poin pertanyaan di rumusan masalah,
maka ada lima poin "jawaban" juga di kesimpulan.

Jika rumusan masalah poin pertama pertanyaannya: berapa 2x2?
Maka kesimpulan poin pertama: 2x2 = 4.

Tidak tepat jika rumusan masalah poin pertama : berapa 2x2?

Lalu kesimpulan poin pertama: "perkalian pada hakikatnya adalah penambahan berulang angka itu sendiri sekian kali." --> Rumusan Masalah dan Kesimpulan tidak bersesuaian.

Contoh lain:

Rumusan masalah:
1. Bagaimana kedudukan PRT dalam Islam? Bagaimana gambaran mereka di zaman Rasulullah صلى الله عليه وسلم dan para ulama salaf?

2. Apakah ada hubungan positif antara tingkat pemahaman majikan terhadap Islam, dengan peningkatan keterampilan pembantu rumah tangga?


Kesimpulan:

1. Kedudukan PRT  di zaman Rasulullah صلى الله عليه وسلم dan para ulama salaf  adalah setara dengan profesi lainnya, dimuliakan dan dilindungi hak-haknya.

2. Terdapat hubungan positif antara tingkat pemahaman majikan terhadap Islam dengan peningkatan keterampilan pembantu rumah tangga.

Jadi;
Rumusan masalah itu dibuat untuk jadi 'pagar' proses pengkajian dan analisa, apakah bisa terjawab?

(Agar bisa mengerjakan penulisan/penelusuran/pengkajian dengan fokus pada 'pagar rumusan masalah' ini, maka sebaiknya rumusan masalah ditulis besar-besar dan ditempel di meja kerja atau dinding tempat biasa mengerjakan skripsi, sehingga selalu ingat bahwa, ini looh daftar masalah/pertanyaan yang mau dicarikan jawabannya...)

Kesimpulan adalah pembuktian bagaimana penulis menyarikan jawaban atas rumusan masalah setelah melakukan proses kajian dan analisa.

Contoh sederhana:

Masalah yang dijadikan rumusan masalah:

Di mana rumah Andi bin Muhammad?

Nah, dikajilah itu siapa si Andi, dst...

Kesimpulan: Rumah Andi bin Muhammad terletak di Jl. Pelangi No. 3, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Pada bagian kesimpulan di atas tidak lagi dijelaskan bagaimana mengakses lokasi tersebut, seperti naik angkot jurusan apa, sejak kapan Andi tinggal di sana sehingga bisa diklaim itulah rumahnya...

Perhatikan: 
Kerap terjadi keliruan, kesimpulan dibuat seperti resume. Kalau kesimpulan dibuat seperti resume, apa kedudukan rumusan masalah dalam skripsi?
Buat apa diketengahkan masalah dalam bentuk pertanyaan, jika tidak spesifik diberikan jawaban kesimpulan yang bersesuaian?

والله أعلم بالصواب

No comments:

Post a Comment