Friday, July 3, 2015

Amankan File-Akhir setelah Daftar Sidang

Ini benar terjadi. Salah seorang mahasiswa, sudah dinyatakan lulus setelah mengikuti sidang skripsi. Namun, ia tak dapat melakukan revisi. Pasalnya, file skripsinya hilang.

Bagi sebagian orang, hilangnya file skripsi adalah sesuatu yang tidak masuk akal. Komputer rusak? Tak pernah mem-back-up di USB atau tempat lain?

Tidak berusaha mengantisipasi kemungkinan komputer mendadak tidak bisa digunakan, entah itu kena virus atau bahkan hilang dicuri orang, adalah keteledoran yang berakibat seseorang yang sudah seharusnya bisa lulus secara resmi, tersurat maupun tersirat, batal. 

Karena ijazah tak dapat diberikan jika yang bersangkutan tidak menyerahkan skripsi akhir yang telah direvisi sesuai masukan dari penguji, dan juga revisi tersebut telah mendapat persetujuan dari penguji dan pembimbing. 

Oleh karena itu, bagi kawan-kawan yang sudah selesai mendaftarkan diri untuk ikut sidang, yang itu berarti naskah skripsinya benar-benar sudah bentuk terakhir, termasuk pernak-pernik halaman pendahuluan sebelum bab 1, sudah tuntas. 

Amankan file-akhir ini; agar kisah sedih dan lumayan menggemaskan di atas tidak terulang. 

Cara termudah adalah kirimkan file-file tersebut ke email seseorang. Rename (ganti namanya) dulu dengan save-as, dengan nama yang lebih sesuai, misalnya: skripsiFulanah_finalOK_3Juli15.doc.
halamanpengantarFulanah_finalOK_3Juli14.doc.

Selain itu, buat juga versi .pdf-nya, untuk mengantisipasi tampilan berubah jika dibuka di komputer lain.

Setelah itu kirimkan dalam bentuk attachment, bisa ke ke email suami, teman, atau bahkan email sendiri. 
Semoga dimudahkan sampai ijazah benar-benar diterima di tangan. 

### 3 Juli 2015 

1 bulan 9 hari menuju sidang. 

No comments:

Post a Comment